widgeo.net

Saturday, May 25, 2013

Rencana Pembelajaran PLH SD



Pentingnya Menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

I.     Pengantar
Kesehatan adalah aset masa depan dan merupakan modal untuk terciptanya hidup yang sejahtera. Banyak faktor penunjang agar hidup kita dapat sehat. Salah satunya adalah ditopang dengan lingkungan yang bersih. Dapat dikatakan keduanya bagaikan 2 sisi mata uang (Logam) analoginya mau sehat harus bersih dan mau bersih maka akan sehat.
Ada peribahasa mengatakan "kebersihan pangkal kesehatan". Peribahasa ini seharusnya benar-benar dilaksanakan bukan hanya sekedar slogan saja. Oleh karena itu, sejak SD, kita telah didoktrin dengan peribahasa ini yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih. Sangat penting untuk menanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Jika dari kecil sudah terbiasa hidup bersih maka hal ini akan senantiasa dibawa sampai mereka dewasa dan mempunyai keluarga. Memang menanamkan kebiasaan ini sangat sulit namun jika kita dengan sepenuh hati dan disipilin serta telaten maka bukan tidak mungkin kebiasaan ini akan menjadi kebutuhan dalam hidupnya bukan lagi sebuah kewajiban.
Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah (PHBS) di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau, dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Sekolah sehat adalah sekolah yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat sekolah dan untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan anak sekolah melalui berbagai upaya kesehatan. Oleh karena itu dengan melakukan kegiatan siswa yang berkaitan tentang penanaman perilaku hidup bersih dan sehat diharapkan mampu membuat siswa menjadi pribadi yang bertanggungjawab khususnya terhadap dirinya sendiri.
II.  Tujuan
1.    Menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dan rumah
2.    Mengetahui macam-macam perilaku hidup bersih dan sehat
3.    Mengetahui tentang manfaat perilaku hidup bersih dan sehat
4.    Mengetahui tentang dampak jika tidak menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat
5.    Mempraktekan perilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan mencuci tangan
III.   Bahan dan alat
1.      Gambar/foto tentang perilaku hidup bersih dan tidak bersih
2.      Video tentang perilaku hidup bersih dan sehat
3.      Air
4.      Sabun

IV.   Waktu
2 x 35 menit
V.      Langkah kegiatan
1.    Pertama, kegiatan dilakukan di dalam kelas
2.    Awali kegiatan dengan bersama-sama menyanyi sebuah lagu.
Ayo-ayo kawan..
Kita bergembira...
Belajar perilaku hidup bersih dan sehat
Ayo-ayolah kawan 2x
Agar hidup menjadi nyaman dan tenteram....
3.    Perlihatkan foto/gambar tentang perilaku bersih dan tidak bersih, sambil mengajukan pertanyaan seperti berikut:
a.    Apakah perbedaan dari kedua foto ini? jelaskan!
4.    Kemudian siswa diberi pertanyaan yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Contoh berikut:
a.    Apakah kalian sudah melakukan perilaku hidup bersih dan sehat setiap hari?
5.     Melalui tayangan video tentang perilaku hidup bersih dan sehat, siswa diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atau komentarnya mengenai tayangan video tersebut.
6.    Guru memberikan penjelasan mengenai materi perilaku hidup bersih dan sehat secara keseluruhan.
7.    Ajak siswa ke luar kelas menuju tempat yang telah disediakan untuk kegiatan mencuci tangan bersama.
8.    Selanjutnya demonstrasikan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk menjaga kesehatan. Barulah siswa melakukan kegiatan mencuci tangan tersebut dengan dibimbing oleh guru.
9.    Kembali ke kelas setelah mencuci tangan dengan sabun lalu sampaikan kepada siswa untuk melakukan kegiatan yang telah dicontohkan dalam pembelajaran untuk dilakukan di rumah masing-masing dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

VI.   Penegasan
Peserta didik diminta untuk menerapkan perilaku bersih dan sehat dalam kesehariannya baik di rumah dan sekolah. Pendidik dapat melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik selama melakukan kegiatan di rumah.

VII. Evaluasi
 Berilah tanda cek { √ } pada kolom yang tersedia!
1.       Tes kinerja

No.
Pertanyaan
BS
B
C
K
1
Bagaimana antusiasme peserta didik selama pembelajaran?




2
Bagaimana pemahaman peserta didik mengenai pentingnya mewujudkan perilaku bersih dan sehat?




3
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi yang disampaikan?




4
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?




6
Bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?




7
Bagaimana sikap peserta didik selama pembelajaran berlangsung?




8
Bagaimana pengaruh pembelajaran terhadap perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?





Ket:
1.      BS = Baik Sekali
2.      B   = Baik
3.      C   = Cukup
4.      K   = Kurang

2.       Tes sikap

No.
Pernyataan
SS
RR
TS
1
Membiasakan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun



2
Membersihkan selokan dari sampah yang berserakan



3
Meludah di sembarang tempat



4
Tidak merokok di sekolah



5
Membersihkan bak mandi dari jentik nyamuk



6
Mandi di sungai yang airnya keruh dan kotor



7
Melakukan olahraga yang teratur



8
Menggunakan jamban dengan bersih dan sehat



9
Membeli jajanan yang tidak bersih dan sehat



10
membuang sampah sembarangan




Ket:
1.      SS  = Sangat Setuju
2.      RR = Ragu-Ragu
3.      TS  = Tidak Setuju






No comments: